Skip to main content

4 Fakta Sunat Yang Wajib Diketahui

Ditinjau oleh: dr.Rinesa Larasati : 24 Agustustus 2022

Circum.id, Bandung – Sebelum moms  melakukan sunat pada anak ada baiknya moms mengetahui terlebih dahulu beberapa fakta mengenai sunat belum banyak diketahui. Sunat atau khiran merupakan prosedur medis untuk memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis (preputium). Sampai sekarang sunat banyak dilakukan terutama dari sejak bayi.

Yuk, simak ulasan berikut ini tentang fakta sunat bayi laki-laki :

  1. Pada Bayi Laki-Laki Memiliki Banyak Manfaat

Sunat memiliki banyak manfaat di antaranya mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) seperti gonnorhea, sifilis, HIV, Infeksi Saluran Kemih (ISK), dan penyakit kanker penis. Faktanya, kulit kulup yang tidak dipotong bisa menyebabkan ada penumpukan kuman terutama bakteri sehingga sunat sangat disarankan pada laki-laki.

 

  1. Pada Bayi Laki-Laki Memiliki Risiko Lebih Rendah

Sunat dapat dilakukan pada bayi laki-laki mulai dari usia 7-14 hari. Perdarahan yang ditimbulkan biasanya lebih minimal karena pembuluh darah kecil dibandingkan dilakukan pada saat usia anak sudah besar. Selain itu, sunat yang dilakukan saat bayi juga biasanya trauma yang ditimbulkan lebih kecil daripada jika dilakukan pada anak yang lebih besar.

  1. Menjadi Tradisi Budaya dan Agama

Di Indonesia sendiri, sunat sudah menjadi tradisi budaya di mana seorang anak harus dilakukan sunat sebagai bentuk kepercayaan. Tetapi dalam Agama Islam juga mewajibkan untuk dilakukan sunat bagi anak.

 

  1. Hanya Dilakukan Untuk Bayi Laki-Laki

Lalu bagaimana dengan sunat pada perempuan? Faktanya menurut WHO, sunat pada perempuan tidak bermanfaat untuk kesehatan. Sedangkan sunat pada laki-laki memberikan manfaat untuk kesehatan dan dapat dilakukan sebagai pengobatan untuk penyakit seperti balanitis (peradangan pada kulup atau kepala penis), fimosis (kulit kulup tidak dapat ditarik ke belakang), parafimosis (kulit kulup dapat ditarik ke belakang tetapi tidak bisa dikembalikan ke posisi semula).

 

Dengan berbagai fakta sunat pada bayi laki-laki, Pearls tidak usah khawatir untuk melakukan sunat pada anak bahkan bisa dilakukan sejak dini saat bayi masih berusia 7 hari. Apabila masih ada hal yang membuat moms ragu jangan khawatir dan moms bisa langsung konsultasikan seputar sunat ke tim medis Circum by Mutiara Cikutra.

Leave a Reply