Skip to main content

Sunat atau khitan ternyata punya banyak manfaat loh bukan hanya sekadar syari’at agama. Mau itu laki-laki ataupun perempuan sebaiknya disunat, demi menjaga fitrah diri. Sebagai contoh, dalam Islam, sunat adalah suatu kewajiban yang diemban oleh laki-laki Muslim. Di samping itu, ada juga pertimbangan medis yang mendukung sunat pada anak laki-laki. Salah satu tujuannya adalah mencegah penyakit yang dapat mempengaruhi organ kelamin pria. Dalam kedua kasus ini, sunat bukan hanya sekadar tindakan medis, melainkan memiliki landasan agama, budaya, dan kesehatan yang kuat. Dalam hal pertimbangan medis, sunat juga dapat membantu dalam menjaga kebersihan dan mencegah potensi komplikasi kesehatan pada masa depan. Ketika hendak melaksanakan sunat maka hal pertama yang perlu para orang ketahui adalah mencari ahli sunat, seperti halnya ahli sunat di BSD. sebab sunat bagaikan operasi kecil dimana perlu keahlian dan pengetahuan medis dalam melakukannya.

Lebih lanjut, biasanya sunat dilakukan ketika anak belum baligh, bahkan akhir-akhir ini sunat bisa dilakukan ketika anak masih bayi. Jadi kapan sih waktu yang tepat untuk sunat?  Dan bagaimana manfaat sunat dalam sudut pandang kesehatan. Simak sampai selesai ya penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Sunat Bagi Kesehatan

Bagaimana sih sunat dalam kacamata kesehatan? Kira-kira kenapa sih sebaiknya melakukan sunat? Sunat adalah prosedur bedah yang melibatkan pengangkatan sebagian atau seluruh kulup (jaringan kulit yang melindungi kepala buah zakar) pada laki-laki. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

  1. Pengangkatan jaringan kulit atau kulup dapat membantu menjaga kebersihan kelamin pada laki-laki dengan lebih mudah. Tentu saja, hal itu mengurangi risiko terjadinya infeksi, dan mengurangi kemungkinan penumpukan kotoran di bawah kulup.
  2. Fimosis: Sunat dapat mengatasi masalah fimosis, yaitu kondisi di mana kulup tidak dapat ditarik kembali secara normal. Ini bisa sangat penting untuk mencegah ketidaknyamanan dan masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat fimosis.
  3. Pencegahan Penyakit Menular Seksual: Banyak penelitian menunjukkan bahwa sunat dapat mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual, termasuk HIV, pada laki-laki.

Itulah 3 manfaat kesehatan dari tindakan sunat. Demi menjaga kesehatan tersebut maka carilah ahli sunat professional dan berpengalaman. Di Tangerang dan Jakarta terdapat banyak klinik yang membuka jasa khitan/ sunat, seperti ahli sunat di BSD dengan layanan terbaiknya.

Kapan sebaiknya anak disunat?

Umumnya seorang anak disunat sebelum baligh ketika anak sudah siap secara mental. Namun studi baru-baru ini menganjurkan jika waktu terbaik untuk sunat adalah ketika masih bayi. Masih sih? Mungkin banyak orang yang kaget dengan informasi ini. Tapi itu benar bun. Sunat atau khitan yang dilakukan pada bayi memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan bijaksana.

Pertama, sunat pada bayi cenderung lebih mudah dalam hal perawatan dan penyembuhan. Pada bayi, kulit dan jaringan di sekitar area genital masih sangat lembut dan elastis. Hal ini membuat prosedur sunat lebih sederhana dan risikonya lebih rendah daripada pada anak yang lebih besar atau dewasa. Kulit yang lebih lembut juga berarti pemulihan biasanya lebih cepat.  Kedua, bayi biasanya lebih mampu menangani prosedur ini secara fisik. Mereka belum mengembangkan kesadaran yang sama terhadap rasa sakit seperti anak yang lebih besar atau dewasa. Itulah kenapa rasa sakit dan ketidaknyamanan selama prosedur dan masa pemulihan dapat lebih mudah diatasi pada bayi. Selain itu, menjalani sunat pada bayi juga memungkinkan orang tua untuk mengawasi perawatan pasca-sunat dengan lebih baik. Sehingga risiko infeksi dan komplikasi lainnya dapat terhindar.

Perlu diperhatikan bahwa keputusan melakukan sunat ketika bayi maupun ketika sudah besar balik lagi pada preferensi masing-masing orang tua. Tidak apa jika anak sudah terlanjur besar, kemudian baru kepikiran untuk sunat. Karena kini banyak klinik menerapkan metode sunat dengan bantuan teknologi medis canggih. Sehingga sunat tidak akan terasa sakit dan bisa lebih cepat sembuh. Metode tersebut diterapkan juga di layanan sunat Circum by Mutiara Cikutra, ahli sunat di BSD nomor satu.

Rekomendasi Ahli Sunat Di BSD

Setelah mengetahui manfaat dan waktu terbaik untuk sunat, maka mencari klinik sunat bsd mana yang terbaik untuk penanganan sunat adalah langkah berikutnya. Tentu saja memilih tempat sunat tidak boleh asal. Pilihlah yang memang bersertifikat, profesional dan berpengalaman. Kenapa? Supaya sunat berjalan aman, nyaman dan cepat.

CIRCUM layanan sunat nomor satu by Mutiara Cikutra menawarkan layanan sunat dengan kualitas terbaik. Tempatnya yang nyaman dan kids friendly membuat anak tetap tenang secara mental ketika akan disunat. Dokter yang menanganinya pun telah profesional yang mempunyai jam kerja tinggi. Kelebihan lainnya yaitu terdapat beberapa metode sunat yang bisa dipilih. Bagi ananda yang mempunyai berat badan lebih pun tidak perlu melalui terapi hormon dan diet dulu ketika akan sunat. Di CIRCUM terdapat metode khusus yang bisa mengatasinya. Dapatkan informasi lebih lanjut terkait biaya dan pilihan metode dengan menghubungi nomor berikut ini 0878-5442-0037

Promo

Promo Google Review!

ombigSeptember 7, 2022

Leave a Reply