Skip to main content

Umat muslim sudah pasti akrab dengan istilah khitan. Biasanya mereka yang melakukan khitan adalah para laki laki muslim semenjak usia kanak kanak. Namun sekarang tak menutup kemungkinan kalangan umat di luar muslim juga melakukan khitan dengan alasan kesehatan. Lalu bagaimana sebenarnya proses mencegah penyakit dengan khitan tersebut? Tulisan ini akan mengulas secara panjang lebar.

Khitan sudah sama tuanya dengan tradisi keislaman. Khitan juga menjadi salah satu rukun wajib bagi laki laki muslim di manapun berada. Di Indonesia khitan biasanya dilakukan ketika anak menjelang mereka memasuki masa Akil baligh. Sedangkan di beberapa tempat, anak anak yang masih bayi pun juga sudah dapat melakukan khitan. Dalam tradisi muslim di Indonesia maka khitan biasanya menjadi satu dengan kewajiban akikah.

Wajibnya khitan ternyata juga berkaitan dengan sisi kesehatan. Khitan walaupun banyak yang takut untuk melakukan, nyatanya ini sangat menyehatkan.

Khitan pun jika dilakukan dengan benar tidak akan terasa sakit. Kalaupun sakit biasanya itu hanya sekejap. Jika anda takut khitan maka bayangkan jika anda terkena penyakit karena tak dikhitan. Jelas kita bisa mencegah penyakit dengan khitan.

Tujuan Bagi Laki Laki Mencegah Penyakit Dengan Khitan

Tentunya setiap ritual dalam agama Islam sudah pasti memiliki tujuan yang kita tahu maupun tidak kita ketahui. Mencegah penyakit dengan khitan adalah salah satu tujuannya. Lalu apakah ada tujuan lain dalam khitan? Mari simak berikut ini.
Melepaskan kulit di ujung kulup laki laki

Tujuan utama dari khitan adalah melepaskan kulit di ujung kulup laki laki. Kulit di ujung kulup ini harus dihilangkan untuk memudahkan pembersihan bagian kemaluan pria. Tekniknya bisa memakainya banyak metode seperti manual, laser, dan lain sebagainya.
Kalau sekarang sudah banyak klinik sunat yang memakai metode terbaru sehingga tidak menyebabkan rasa sakit.

Sebagai Tanda Kemusliman seorang Laki Laki

Khitan juga bertujuan untuk memantapkan identitas keislaman seseorang. Tidak semua yang dikhitan adalah laki laki muslim. Tapi laki laki muslim sudah pastinya berkaitan. Maka dari itu penting untuk segera mengagendakan jadwal khitan bagi buah hati anda yang berjenis kelamin laki laki.

Mencegah Dari Penyakit Kelamin dan Kulit

Lalu tujuan dari khitan lainnya adalah agar kita terhindar dari penyakit kelamin dan kulit. Hal ini adalah efek langsung dari poin di nomor pertama. Jadi khitan ini bisa mencegah penyakit dengan khitan karena kulit yang mengantongi kotoran di bagian kemaluan tersebut disisihkan.

Menunaikan Rukun Dalam Agama

Serta tujuan utama dari khitan selain mencegah penyakit dengan khitan adalah untuk menunaikan rukun dalam agama. Khitan menjadi semacam pengakuan kedua setelah syahadat bagi laki laki jika ingin disebut sebagai kaum muslim.

Tujuan utama dalam khitan ini memang yang mendorong banyak orang untuk khitan walaupun sebenarnya mereka takut.
Nah jika anda sudah tahu apa tujuan dari khitan maka kita bisa simak manfaat apa yang kita dapatkan jika berkhitan. Tentunya manfaat itu juga tergantung individu masing masing. Namun setidaknya ada dua manfaat yang bisa kita dapatkan.

Apa Manfaat Khitan Bagi Kesehatan

Nah sebenarnya antara tujuan dan manfaat khitan itu hampir sama. Namun kalau dari segi manfaat kita akan bahas hal hal kasat mata yang kita dapatkan jika melakukan khitan.

Menjauhkan dan Mencegah Penyakit Dengan Khitan

Jadi manfaat khitan yang jelas kita rasakan adalah mencegah penyakit dengan khitan. Sudah banyak penelitian medis yang membahas soal ini. Bahkan di barat sudah mulai banyak orang juga melakukan khitan. Sebabnya adalah khitan ini menjadi pencegahan penyakit kelamin dan kulit yang ampuh.

Namun jika sudah khitan tidak berarti kita kebal terhadap beragam penyakit. Kita harus tetap berhati hati terhadap segala jenis penyakit kelamin.

Mengharmoniskan Hubungan Suami Istri Nantinya Ketika Menikah

Lalu manfaat lain dari khitan adalah kita dapat membahagiakan istri kita nantinya ketika sudah menikah. Khitan membuat hubungan suami istri menjadi lebih harmonis dan langgeng.

Nah itulah tadi beberapa manfaat khitan. Tentunya anda sudah khitan bukan? Usia berapakah anda dikhitan dahulu?

Tujuan Mencegah Penyakit Dengan Khitan

Ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan khitan. Di antara nya yang kita bisa mencegah penyakit dengan khitan adalah HIV AIDs, penyakit menular seksual lain seperti gonore, sifilis, dan lain sebagainya. Serta adanya kemungkinan kutil kelamin karena kondisi alat kelamin yang kurang bersih.

Memang khitan tidak menjadi faktor utama yang bisa mencegah penyakit penyakit di atas. Tapi setidaknya kita bisa meminimalisasi persebaran penyakit dengan berkhitan.

Tentunya untuk khitan harus menggunakan jasa khitan atau sunat yang profesional, berstandar, serta sah secara agama. Nah bagi anda yang ingin melakukan khitan maka segera hubungi Kami.

Leave a Reply