Skip to main content

 Berapa Usia Terbaik untuk Sunat?

Sebagai orang tua, tentunya ingin selalu memikirkan kondisi kesehatan anak. Apalagi anak laki – laki yang wajib untuk melakukan sunat (khitan). Mungkin, ada pertanyaan di benak Anda soal berapa usia terbaik untuk sunat? Pastinya, bagi para ahli medis, ada jawaban tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, dalam agama Islam, aturan soal khitan juga sudah diatur sesuai syariatnya.

Apakah Anda masih penasaran soal usia terbaik untuk sunat? Berikut ini jawaban atas pertanyaan tersebut. Selain itu, ada informasi lengkap lainnya soal pentingnya khitan bagi anak laki – laki. Langsung saja, pahami sebaik mungkin, informasi berikut ini.

Lebih Memahami Tentang Sunat (Khitan)

Sunat (khitan) atau dalam bahasa medis dinamakan sirkumsisi adalah prosedur bersifat medis dengan tujuan melepas kulit luar alat kelamin laki – laki (kulup). Bukan rahasia lagi, dalam ajaran Islam, sirkumsisi wajib bagi anak laki – laki baik masih bayi, usia anak, remaja maupun pria dewasa. 

Secara medis, sunat ini sangat dianjurkan karena berdampak baik bagi kesehatan pria. Kabarnya, berdasarkan penelitian World Health Organization (WHO), sirkumsisi menekan tumbuhnya penyakit kelamin hingga HIV. Tidak mengherankan, jika prosedur ini dianjurkan bahkan sejak usia bayi. Namun, perlu diingat ada usia yang tepat untuk melakukan prosedur ini. Berapa usia terbaik untuk sunat? Simak terus informasi berikut ini.

Berapa Usia Terbaik untuk Sunat (Khitan) bagi Anak Laki – Laki?

Memang, ada beragam pendapat soal berapa usia terbaik untuk sunat? Ada pendapat yang menyatakan, umur terbaik melakukan sirkumsisi adalah 40 hari sejak bayi lahir. Namun, ada juga yang menyatakan dianjurkan melakukan sunat, saat anak laki – laki berusia antara 6 – 12 tahun. Ternyata, semua pendapat para ahli medis tersebut benar semua. Itu karena semua alasan yang diberikan logis dan mengutamakan kondisi kesehatan. 

Perlu dipahami, usia terbaik untuk sunat bagi anak laki – laki adalah 5 – 12 tahun. Hal itu karena di usia tersebut mental anak sudah siap untuk menjalani prosedur medis sirkumsisi. Bagi Anda yang ingin putranya tidak mengalami trauma saat melakukan sirkumsisi, bisa melakukan prosedurnya saat putra Anda masih bayi, lebih tepatnya 40 hari setelah bayi lahir.

Tentunya, mengambil keputusan yang tepat soal usia terbaik untuk sunat, bergantung dari kondisi mental putra Anda. Perlu diingat, jangan memaksakan diri kepada anak laki – laki Anda untuk melakukan khitan jika mereka belum siap. Jalan terbaiknya adalah edukasi dengan baik soal pentingnya sirkumsisi bagi kesehatan anak Anda. 

Pentingnya Sunat bagi Kesehatan

Tentunya, Anda sudah memahami usia yang tepat untuk melakukan sunat. Perlu dipahami, berapa pun usianya, asalkan khitan dijalankan sesuai dengan prosedur medis dan ajaran agama bisa dijalankan. Saat ini yang perlu dipahami adalah pentingnya sunat bagi kesehatan. Apa saja arti penting sirkumsisi bagi kesehatan? Inilah informasinya.

  1. Menghindari risiko timbulnya gangguan kesehatan, terutama pada alat kelamin laki – laki.
  2. Mencegah timbulnya penyakit saluran kemih pada pria.
  3. Mencegah tumbuhnya penyakit kelamin yang menular pada pria.
  4. Mencegah tumbuhnya kanker pada alat kelamin pria.
  5. Menjaga vitalitas dan kesehatan pria supaya tetap prima.

Itulah arti penting sunat bagi kesehatan pria. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki putra belum menjalankan prosedur medis sirkumsisi, segerakan untuk melakukannya. Apalagi jika putra Anda sudah menginjak usia terbaik untuk sunat, yaitu 5 – 12 tahun. Pastikan, Anda mengambil keputusan yang bijaksana supaya putra Anda tidak mengalami trauma.

Circum Klinik Rumah Sunat Terbaik untuk Khitan Sehat

Bisa dikatakan, sunat merupakan hal yang menyakitkan di pikiran anak – anak. Oleh karenanya, sebagai orang tua, Anda wajib memberikan edukasi yang baik tentang pentingnya khitan bagi kesehatan anak Anda. Selain itu, berikan pengertian bahwa di zaman serba modern ini, prosedur khitan bisa dilakukan tanpa sakit, seperti di klinik rumah sunat https://circum.id.

Perlu diketahui, Circum adalah klinik rumah sunat terlengkap, amanah, dan modern tanpa virus plus rasa sakit. Banyak keunggulan yang bisa dinikmati dari khitan di https://circum.id. Apa saja keunggulannya? Simak infonya berikut.

  1. Prosedur medis untuk sunat dilakukan oleh dokter khitan terpercaya dan amanah.
  2. Circum menggunakan metode khitan modern dan canggih bebas rasa sakit sehingga anak tidak alami trauma.
  3. Circum menawarkan metode sunat tanpa virus. Jadi, prosedur medis yang dilakukan dijamin higienis dan steril.
  4. Layanan di klinik rumah sunat Circum lengkap untuk berbagai kalangan dari sunat untuk bayi, anak obesitas hingga sunat revisi.
  5. Circum selalu menawarkan layanan terbaiknya yang ramah.

Nah, apakah Anda masih ragu untuk mengantarkan putra Anda melakukan prosedur sunat? Hapus keraguan Anda, langsung saja antarkan anak laki – laki Anda ke klinik rumah sunat https://circum.id, jaminan putra Anda sunat (khitan) secara nyaman dan aman.

Leave a Reply