Skip to main content

Circum.id, Bandung – Pasti sudah tidak asing lagi dengan sunat, apalagi jika tinggal di Indonesia. Karena di Indonesia sendiri, sunat sudah menjadi tradisi di Indonesia, baik itu dari segi agama maupun dari budaya itu sendiri. Selain karena tradisi, melakukan sunat juga punya banyak manfaat untuk kesehatan laki-laki. Berikut manfaat sunat untuk kesehatan.

1. Menjaga kebersihan penis

Penis yang tidak disunat harus diperhatikan dengan ekstra. Ini dikarenakan kulup atau lipatan kulit di ujung kemaluan dapat menjadi tempat menumpuknya bakteri, sel kulit mati, dan minyak.

Apabila kulup tidak dibersihkan secara rutin, maka ini menyebabkan bercak warna putih kekuningan yang disebut Smegma. Smegma membuat bau tidak sedap dan dapat meningkatkan resiko infeksi pada area vital.

2. Menurunkan resiko infeksi

Sunat dapat menurunkan resiko infeksi saluran kemih. Meskipun resiko infeksi laki-laki cenderung lebih rendah, tapi hal ini lebih sering terjadi pada yang tidak disunat. Bahkan menurut jurnal Evidence-Based Practice (2016) menunjukkan sunat bisa mencegah 87-261 kasus infeksi per 1000 anak laki-laki.

 

3. Mencegah penularan penyakit kelamin

Sunat dapat menurunkan dan mencegah resiko penularan penyakit kelamin seperti human papilliomavirus (HPV), herpes genital, dan sifillis. Manfaat sunat bagi laki-laki juga mencegah resiko terinfeksi sifillis dan klamidia saat berhubungan intim dengan pasangan.

4. Mencegah gangguan penis

Sunat dapat mencegah fimosis dan balanitis yang merupakan gangguan penis yang paling sering terjadi. Fimosis adalah kondisi dimana kulup penis tidak dapat ditarik ke bawah atau terperangkap di belakang kepala setelah ereksi. Ini dapat menyulitkan dan terasa lebih sakit ketika sedang berhubungan intim.

5. Mengurangi resiko kanker penis

Menurut buku Complications in Male Circumcision (2019), sunat dapat mengurangi faktor peningkatan resiko kanker penis, seperti HPV, HIV, fimosis dan balanitis. Bahkan pada masa anak-anak, jika tidak disunat maka resiko kanker penis sangat tinggi karena aktivitas anak-anak lebih besar dibandingkan orang dewasa.

Jika ingin melakukan sunat harus dilakukan dengan prosedur yang benar, jika tidak benar maka akan terjadi:

  • Pendarahan dan infeksi pada area kepala penis
  • Cedera penis
  • Iritasi pada ujung penis
  • Radang pembukaan penis

Untuk menghindari hal itu, Cricum.id sudah memiliki prosedur yang tepat untuk bagi yang ingin melakukan sunat. Hubungi Circum.id sekarang

 

Sunat Smart Klamp Rumah Sunat Circum Bandung Bogor BSD
Kesehatan

Usia Maksimal Sunat

jawonAugust 26, 2023

Leave a Reply