Skip to main content

Reparasi Khitan Solusi Atasi Sunat yang Gagal

Benarkah reparasi khitan sebagai solusi atasi sunat yang gagal ? Sunat gagal tentunya tindakan yang sebenarnya tidak diharapkan dari orang tua. Sunat gagal bisa ditandai dengan kulit kulup yang kembali timbul sehingga menutupi kepala penis. Teknik melakukan tindakan sunat yaitu untuk memotong kulit kulup yang harus terpotong mulai dari ujung penis hingga lingkaran kepala penis. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut. Sunat gagal dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti :

1. kondisi buried penis atau penis tenggelam

terutama yang sering dialami oleh anak gemuk sehingga penis terlihat berukuran kecil. Untuk menghindari timbulnya masalah sunat gagal, maka sebagai orang tua harus memilih tempat sunat dengan fasilitas kesehatan yang terpercaya dengan dokter yang kompeten serta berpengalaman untuk melakukan khitan

2. Kulit kulit masih tersisa dan hasil kurang rapi

Jika kulit kulup timbul kembali sehingga sunat gagal maka harus dilakukan tindakan reparasi ulang untuk khitan.

 3. Kondisi bawaan penis yang bentuknya miring atau melintir.

Kondisi ini juga terkadang menyulitkan dokter untuk memotong kulit kulup sehingga pasca sunat dapat ditemukan kulit kulup yang kurang terpotong.

Sunat gagal juga dapat disebabkan seperti pada saat tindakan sunat terdapat perdarahan yang cukup hebat sehingga dokter merasa panik dan tindakan dilakukan dengan cepat dan hasilnya menjadi kurang optimal. Selain itu, dokter yang kurang paham terkait anatomi dan pada saat melakukan tidak disertai dengan pencahayaan yang kurang juga dapat menyebabkan sunat pada anak mengalami kegagalan. Prosedur laser pada saat sunat juga bisa menyebabkan kegagalan yaitu pada saat anak kurang kooperatif seperti banyak gerak sehingga kulit kulup yang terpotong terlalu banyak atau kurang.

Teknik melakukan sunat pada anak termasuk cara menjahit luka sangat menentukan keberhasilan sunat dan proses penyembuhan dan terhindar dari kegagalan. Di Klinik Mutiara Cikutra, jika dokter menilai bahwa kondisi penis yang tenggelam terlalu ekstrim, maka dokter akan melakukan teknik special method (metode khusus) untuk meminimalisir terjadinya kegagalan pasca sunat. Jangan ragu untuk konsultasikan kepada dokter jika Pearls merasa penis anak tampak bermasalah setelah dilakukan sunat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ditinjau oleh : dr. Rinesa Larasati 

Leave a Reply