Skip to main content

Metode Sunat Yang Tidak Sakit Kita sering mendengar bahwa beberapa orang mungkin takut melakukan sunat. Ketakutan ini tetap terjadi meskipun orang tersebut sudah mengetahui pentingnya melakukan sunat, baik dari aspek spiritual dan aspek kebersihan serta kesehatan. Adapun ketakutan ini tidak muncul tanpa sebab. Terdapat beberapa penyebab munculnya rasa takut saat seseorang hendak melakukan sunat. Salah satu yang paling sering menjadi alasan tidak inginnya seseorang melakukan sunat atau takut melakukan sunat adalah rasa sakit yang mungkin dialami. Itulah mengapa banyak orang yang mengalami keadaan tersebut berusaha mencari jalan pintas dengan mencari metode sunat yang tidak sakit.

Berikut adalah beberapa alasan penyebab rasa takut pada seseorang yang hendak melangsungkan sunat:

Rasa Takut Berlebihan

Sejauh ini kita sudah tau bahwa sunat merupakan praktek operasi kecil yaitu pemotongan kulit di bagian ujung kemaluan laki-laki. Jadi para laki-laki pasti mengira hal itu akan sakit saat dilakukan. Hal itu tentunya membawa rasa takut dalam diri mereka. Apalagi jika mereka masih berusia anak-anak, ketakutan mereka cenderung lebih tinggi dari orang dewasa. Maka dari itu penting bagi para wali atau orang tua menjelaskan dengan sabar terhadap pentingnya melangsungkan sunat bagi mereka. Jika hal itu tidak berhasil juga sehingga mereka masih merasakan takut, maka hal kedua adalah membujuk mereka

Nah, metode seperti metode sunat yang tidak sakit kerap berhasil pada anak-anak. Sebab kebanyakan anak-anak hanya membutuhkan validasi akan rasa takut mereka. Jadi ketika kita menjelaskan terkait manfaat dan kewajiban sunat, mereka tidak akan begitu mengerti. Sebab yang menjadi ketakutan mereka adalah rasa sakit. Sehingga penting bagi kita untuk memahami perasaan mereka. Lalu kemudian berusaha mencari jalan keluar agar mereka tetap mau melangsungkan sunat. Kita bisa memberikan pemahaman terkait metode-metode sunat seperti metode sunat yang tidak sakit.

Kita bisa mulai menjelaskan secara sederhana tentang prosedur sunat.

Sebagai contoh, kita tetap menjelaskan kepada mereka bahwa sunat memang sakit. Akan tetapi karena sekarang zaman sudah begitu modern, dimana dunia medis sudah berkembang cepat. Mereka tidak perlu mengkhawatirkan rasa sakit. Sebab sebelum melangsungkan sunat, mereka akan dianestasi terlebih dahulu oleh dokter sunat. Anestasi ini berfungsi mengurangi rasa sakit saat dilakukan sunat. Sehingga saat sunat dilangsungkan, mereka tidak akan merasakan sakit yang berlebihan. Itulah mengapa sekarang sunat disebut sebagai metode sunat yang tidak sakit. 

Hal itu dikarenakan canggihnya perkembangan medis yang mampu menghilangkan rasa sakit melalui obat-obatan. Dengan mengetahui hal tersebut, biasanya anak-anak atau orang yang hendak melakukan sunat perlahan mampu mengurangi rasa takut mereka. Sehingga sunat pun bisa dilakukan dengan kemauan berasal dari diri mereka sendiri tanpa suatu paksaan.

Cemas akan Kesulitan Sesudah Sunat

Hal kedua yang menjadi penyebab orang takut melakukan sunat adalah rasa cemas. Ini berkaitan dengan rasa sakit yang telah kita bahas sebelumnya. Jika pada poin di atas adalah ketakutan akan rasa sakit ketika sunat itu dilakukan, maka kali ini lebih ke perasaan cemas akan efek samping dari sunat itu sendiri. Sebab, tidak bisa kita pungkiri bahwa setelah sunat pasti terjadi proses penyembuhan yang mungkin membutuhkan waktu beberapa hari. 

Akan tetapi kita bisa meyakinkan mereka yang ingin melakukan sunat untuk tidak khawatir. Mengingat sekarang kebanyakan metode sunat adalah metode sunat yang tidak sakit. Jadi efek samping yang mungkin muncul. Hal itu semua bisa dikurangi oleh obat pengurang rasa sakit yang pasti diberikan setelah dilakukannya sunat. 

Ketidaknyamanan seperti ketidaknyamanan untuk berjalan dan rasa sakit saat bergerak. Keduanya akan sangat menganggu bagi mereka yang perlu melakukan aktivitas setiap harinya. Salah satunya sekolah. Anak-anak akan kesulitan untuk belajar jika rasa sakit menganggu mereka untuk berangkat sekolah ataupun mengganggu kegiatan belajar mereka. 

Lalu rasa sakit akibat peradangan. kita tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Sesaat setelah melangsungkan sunat akan diberi beberapa obat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan obat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Dengan begitu mereka bisa sembuh dengan cepat jika diimbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi untuk penyembuhan mereka. Itulah dia dua alasan seseorang takut melakukan sunat, namun bisa diatasi dengan metode sunat yang tidak sakit. Kita perlu tahu bahwa sunat adalah suatu kewajiban dan memiliki manfaat besar bagi tubuh. Jika anda membutuhkan profesional untuk melakukan sunat, anda bisa menghubungi blogcircum.id. Melalui circum.id. Kita tidak perlu khawatir akan rasa sakit sebab ditangani oleh tenaga profesional di bidangnya. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi circum.id untuk melakukan sunat dengan metode sunat yang tidak sakit.

Leave a Reply