Skip to main content
Ditinjau oleh: dr.Rinesa Larasati : 7 September 2022

Circum.id, Bandung – Khitan sangat bermanfaat bukan hanya karena tradisi agama atau budaya, tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena kulit kulup pada penis yang tidak diangkat dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jika dibiarkan tidak sunat, maka dapat menyebabkan infeksi pada organ reproduksi yang diakibatkan karena bakteri yang menumpuk loh, Pearls!

Berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat ditemukan ketika tidak melakukan khitan :

  1. Infeksi Menular Seksual

Penyakit menular seksual yang dapat terjadi pada laki-laki yang tidak melakukan khitan yaitu gonorea, HIV, infeksi HPV, herpes genital, dan sifilis. Kulup yang dihilangkan saat khitan akan melindungi laki-laki dari penyakit ini.

  1. Peradangan pada Penis

Peradangan pada penis dapat terjadi seperti balanitis (pada kepala penis), posthitis (pada kulup penis), balanoposthitis (pada kepala dan kulup penis), fimosis (kulup yang tidak dapat ditarik ke belakang), dan parafimosis (kulup yang sudah ditarik ke belakang tidak dapat dikembalikan ke posisi semula).

Selain itu, dapat pula terjadi penumpukan smegma yaitu cairan kental dan berbau tidak sedap sehingga apabila menumpuk juga dapat menyebabkan terjadi infeksi pada penis. Kulup yang dihilangkan saat khitan juga akan menurunkan risiko laki-laki mengalami peradangan dan penumpukan smegma.

  1. Infeksi Jamur

Selain infeksi bakteri, infeksi jamur yang paling sering timbul akibat tidak khitan disebabkan karena Candida albicans. Gejala yang ditimbulkan adalah gatal, perih, muncul ruam, dan bengkak di sekitar penis.

Nah, beberapa penyakit di atas merupakan masalah kesehatan yang paling sering muncul jika laki-laki tidak sunat . Jadi, khitan sangat banyak manfaatnya salah satunya agar Pearls terhindar dari penyakit di atas. Segara konsultasi kondisi penis si kecil pada tim medis Circum by Mutiara Cikutra, dan dapatkan informasi seputar metode sunat terbaik untuk si kecil.  Semoga bermanfaat informasinya, Pearls!

 

Sumber :
https://www.medicalnewstoday.com/articles/uncircumcised-problems#phimosis
https://www.healthgrades.com/right-care/childrens-health/health-risks-associated-with-being-uncircumcised#:~:text=Uncircumcised%20boys%20are%20more%20likely,UTIs%20are%20rare%20in%20infants.

 

 

Leave a Reply