Skip to main content
Ditinjau oleh: dr.Rinesa Larasati : 30 Agustustus 2022

Circum.id, Bandung – Sunat adalah prosedur untuk menghilangkan kulit kulup di atas kepala penis. Prosedur tindakan ini boleh dilakukan 1-2 hari setelah bayi lahir. Sunat dilakukan untuk tradisi agama atau budaya. Sunat yang dilakukan pada bayi kurang dari 1 tahun memiliki banyak manfaatnya loh, Pearls. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa sunat lebih baik dilakukan pada bayi yang berusia dibawah 1 tahun karena risiko komplikasi anestesi yang lebih rendah.

Yuk simak ulasannya berikut ini!

Menurut American Academy of Pediatrics, berikut beberapa manfaat yang didapat jika melakukan sunat pada bayi yang berusia kurang dari 1 tahun, yaitu :

  • Menurunkan risiko infeksi saluran kemih (ISK) terutama pada 1 tahun pertama kehidupan. ISK berulang atau yang berkepanjangan dapat mengarahkan kepada kerusakan ginjal atau sepsis (infeksi bakteri di seluruh tubuh)
  • Menurunkan risiko terkena penyakit menular seksual, termasuk HIV, gonore, sifilis
  • Menurunkan risiko penyakit yang mempengaruhi kondisi penis seperti fimosis, balanitis
  • Menurunkan risiko terkena penyakit kanker penis
  • Untuk kedepannya dapat menurunkan risiko kanker serviks pada perempuan yang berhubungan seksual dengan pasangannya yang sudah disunat
  • Jika sunat dilakukan saat bayi, membuat penis menjadi lebih mudah dibersihkan

Setelah bayi di sunat risiko komplikasi yang mungkin muncul dapat terjadi memar atau bengkak di area penis dalam waktu sekitar 2 minggu. Yang terpenting Perals tetap menjaga area penis agar tetap bersih dan mengenakan bayi pakaian yang longgar terlebih dahulu agar penis setelah disunat tetap terjaga dengan kondisi yang baik. Ada baiknya moms melakukan Persiapan Sebelum Sunat. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kondisi penis si kecil ke tim medis, karena beberapa kondisi seperti gemuk membutuhkan penanganan sunat dengan metode sunat anak gemuk yang berbeda

Nah, dengan berbagai manfaat yang didapatkan, apakah Moms tertarik juga untuk melakukan sunat pada Si Kecil yang berusia dibawah 1 tahun? Yuk segera konsultasi kondisi penis si kecil ke tim medis Circum by Mutiara Cikutra sekarang juga!

 

Sumber :

https://www.londonchildrensurgery.co.uk/blog/are-there-any-benefits-of-circumcision-in-babies/
https://www.thebump.com/a/baby-circumcision
https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=circumcision-90-P03080
Promo

Promo Google Review!

ombigSeptember 7, 2022

Leave a Reply